Profil Desa

Aribowo 29 Juli 2013 16:46:44 WIB

Desa Nglindur merupakan salah satu desa dari 144 desa yang ada di  Kabupaten Gunungkidul Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa Nglindur terletak di Kecamatan Girisubo, tepatnya di sebelah Tenggara ibu kota Kabupaten Gunungkidul, dengan jarak dari pusat ibukota kabupaten Gunungkidul sejauh 32 km. Luas wilayah Desa 617.5630 Ha.

Letak geografis Desa Nglindur adalah sebagai berikut:

Tabel 1.

Letak Geografis Desa Nglindur

Sebelah

Desa/Kecamatan

Wilayah

Barat

Bohol/Rongkop

Gunungkidul

Timur

Melikan/Rongkop

Gunungkidul

Utara

Semugih/Rongkop

Gunungkidul

Selatan

Tileng/Girisubo

Gunungkidul

 

Desa Nglindur   terletak pada ketinggian yang bervariasi antara    500–700 meter di atas permukaan laut. Lahan di Desa mempunyai tingkat kemiringan yang bervariasi.

Curah hujan rata-rata sebesar 1382 mm dengan jumlah hari hujan rata-rata 89 hari. Bulan basah  4–5 bulan, sedangkan bulan kering berkisar antara  7–8 bulan. Musim hujan dimulai pada bulan Oktober–Nopember dan berakhir pada bulan Maret–April setiap tahunnya. Puncak curah hujan dicapai pada bulan Desember – Februari. Suhu udara untuk suhu rata-rata harian  27,7° C, suhu minimum 23,2°C dan suhu maksimum 32,°C . Kondisi Desa Nglindur adalah lahan kering dengan bentangan pegunungan dengan struktur batu bertanah. Sampai saat ini belum diketemukan sumber air, sehingga kehidupan masyarakat yang bekaitan dengan air, hanya mengandalkan curah hujan. Potensi untuk tanaman lahan kering padi gogo dan polowijo, tanaman buah-buahan (pisang, srikoyo, sirsak dll), budidaya perikanan perairan darat (telaga)  serta usaha budidaya ternak (pembibitan dan penggemukan)

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Nglindur

tampilkan dalam peta lebih besar