Sejarah Desa

Aribowo 30 April 2014 17:20:39 WIB

Desa Nglindur adalah salah satu desa yang ada di Kecamatan Girisubo. Berdasarkan kronologi historis pemerintahan, desa Nglindur berdiri atau mulai tersusun bentuk pemerintahan mulai tahun 1929. Hal ini  dilihat dari suksesi kepemimpinan di Desa Nglindur sebagai berikut:

  1. Sebelum tahun 1925 M, belum dikenal pemerintahan setingkat kecamatan, pada saat itu baru berupa Kademangan yang dipimpin oleh Demang. Demang membawahi Bekel, sedangkan di bawah Bekel ada sub pemerintahan yang dipimpin oleh seorang Congkok. Dengan demikian bentuk pemerintahan saat itu masih sangat sederhana. Sehingga komunitas masyarakat Nglindur saat itu sudah terbentuk yang dipimpin oleh seorang Bekel, namun belum mengenal sistem pemerintahan.
  2. Pada tahun 1926 M baru terbentuk Kemantren yang dipimpin oleh Mantri Pangreh Prodjo yang berkedudukan di Jerukwudel. Kemantren ini setingkat dengan Kecamatan sekarang, saat itu dijabat oleh Rng. Hardjowidarso.
  3. Pada tahun 1929 Kemantren di Jerukwudel berubah menjadi Order Distrik (masa Belanda) yang berada di bawah Kawedanan. Pejabat Order Distrik Rongkop berkedudukan di Jerukwudel dengan kantor samping pasar Rancah. Pimpinan order distrik disebut Asisten Wedono. Asisten Wedono yang memerintah pertama kali di wilayah Order Distrik Rongkop yang berada di Jerukwudel bernama Rng. Harjodikoro. Secara berturut-turut sebelum ibukota Order Distrik pindah ke Baran, Semugih Asisten Wedono yang memerintah dengan ibukota di Jerukwudel dalah: Rng. Hardjodipoerwo, Rng. Hardjo Pandriyo dan Rng. Hardjo Sumantri, baru kira-kira pada tahun 1940-an ibukota pindah ke Semugih.
  4. Bersamaan dengan dibentuknya Order Distrik sebagai pengganti Kemantren, di Nglindur dibentuk pemerintahan di bawah kemantren dengan nama Desa Nglindur yang diperintah oleh seorang Lurah Desa yang dibantu oleh perangkat desa dengan nama Carik, Kamituwo, Bayan, Jogomirudo, Jogoboyo, Moden serta para Antek (Antek: pembantu perangkat desa dan diluar struktur pemerintahan).
  5. Dari kronologi terbentuknya pemerintahan di Nglindur, tersebut dapat dikatakan bahwa Desa Nglindur memulai pemerintahan desa sejak tahun 1915, sehingga sebelum tahun 1915 komunitas masyarakat dipimpin oleh seorang Bekel. Selanjutnya kepemimpinan di desa Nglindur berturut-turut sebagai berikut:
  • Sampai dengan tahun 1915 dipimpin Bekel. Belum bisa diketahui Bekel yang memimpin saat itu dan sejak kapan komunitas masyarakat Nglindur dipimpin bekel belum dapat diketahui secara jelas.
  • Tahun 1915 – 1926 dijabat oleh Lurah Desa Kerto Semito
  • Tahun 1927 – 1946 diganti oleh Lurah Kromo Wijoyo
  • Tahun 1946 – 1956 dipimpin oleh Lurah HS Suparno
  • Tahun 1956 – 1965 dipimpin oleh Lurah Parto Wijoyo.
  • Tahun 1966 – 1985 dipimpin oleh Lurah Karso Pawiro
  • Tahun 1985–2004 dipimpin oleh Kepala Desa Edy Warsito.
  • Tahun 2004 – 2014 dipimpin oleh Kepala Desa Sujana.
  • Tahun 2016 – sekarang dipimpin oleh Kepala Desa Supriyana

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Nglindur

tampilkan dalam peta lebih besar